PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Seiring berkembangnya dan majunya teknologi, terutama di
bidang informasi tidak hanya menuntut fungsi yang maksimal dari teknologi itu
sendiri, akan tetapi user juga dituntut untuk memiliki tampilan yang baik dan
sempurna sehingga dapat mempermudah untuk digunakan para user. Oleh
karena itu para ahli diharapkan bukan hanya dapat membuat program yang baik,
akan tetapi juga dapat membuat tampilan semenarik mungkin. Disinilah ilmu
"Desain Pemodelan Grafik" dibutuhkan, karena ilmu ini merupakan salah
satu jembatan penghubung yang esensial antara komputer dan manusia.
1.2.Rumusan Masalah
·
Apakah
Desain Pemodelan Grafik itu ?
·
Media
apa sajakah yang mencakup Desain Grafik ?
·
Apa
saja Prinsip dan Unsur Desain ?
·
Bagaimana
teknik pengolahan gambar pada desain grafis ?
·
Software
apa saja yang ada dibidang Permodelan Grafik itu ?
1.3.Tujuan
·
Mendefinisikan
secara umum Desain Pemodelan Grafik
·
Menjelaskan
cakupan media Desain.
·
Memaparkan
Prinsip dan Unsur Desain
·
Menerangkan
teknik pengolahan ada Desain Grafis.
·
Menjelaskan
macam macam Software Permodelan Grafik.
PEMBAHASAN
2.1. Definisi
Mungkin selama ini kita pernah mendengar kata “Permodelan
Grafik”, tapi apa itu Desain Pemodelan Grafis?? mungkin kalimat itu sudah
tidak asing lagi di telinga kita, dan apa yang terlitas dipikiran kita ketika
mendengar tentang Desain, Pemodelan, dan Grafis dari 3 kata tersebut memiliki
arti yang berbeda. Desain adalah proses untuk membuat dan menciptakan obyek
baru. Pemodelan adalah membentuk suatu benda-benda atau obyek, membuat dan
mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Pemodelan dalam suatu
rekayasa perangkat lunak merupakan suatu hal yang dilakukan di tahapan awal.
Grafik komputer adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model
dan citra. Dengan demikian Desain Pemodelan Grafis adalah suatu proses
pembuatan, manipulasi dan menyimpan suatu objek dengan menggunakan bantuan
perangkat lunak (software) komputer.
2.2 Batasan Media
Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media
statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan
perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang
sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan
pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain
lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
2.3. Prinsip dan Unsur Desain
Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam
disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape,
bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk
prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti
keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis),
proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian
membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.
2.4. Teknik Pengolahan Gambar
Desain pemodelan grafik merupakan suatu kegiatan yang
berhubungan dengan grafik komputer atau segala sesuatu mengenai pengolahan gambar
yang dikerjakan pada komputer. Yang disebut pengolahan gambar itu berupa
pemotongan gambar, rotasi, dilatasi, translasi dan lain-lain.
· Rotasi
Rotasi adalah mereposisi semua titik dari objek sepanjang jalur lingkaran dengan pusat pada titik pivot.
Rotasi adalah mereposisi semua titik dari objek sepanjang jalur lingkaran dengan pusat pada titik pivot.
· Dilatasi
Adalah suatu transformasi yang mengubah ukuran (memperbesar atau memperkecil) suatu bangun tetapi tidak mengubah bentuk bangunnya.
Adalah suatu transformasi yang mengubah ukuran (memperbesar atau memperkecil) suatu bangun tetapi tidak mengubah bentuk bangunnya.
· Translasi
Translasi adalah suatu perpindahan semua titik dari objek pada suatu jalur lurus sehingga menempati posisi baru. Jalur yang direprestasikan oleh vektor tersebut dinamakan translasi atau bisa disebut juga vektor geser
Translasi adalah suatu perpindahan semua titik dari objek pada suatu jalur lurus sehingga menempati posisi baru. Jalur yang direprestasikan oleh vektor tersebut dinamakan translasi atau bisa disebut juga vektor geser
· SkalaPenskalaan koordinat dimaksud untuk
menggandakan setiap komponen yang ada pada objek secera scalar. Keseragaman
penskalaran berarti skala yang digunakan sama untuk semua komponen objek.
· Refleksi
Merupakan suatu transformasi yang mencerminkan suatu objek.
Merupakan suatu transformasi yang mencerminkan suatu objek.
2.5.Software Permodelan Grafik
Ada
beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:
1. Desktop publishingAdobe
Photoshop
· Adobe
Illustrator
·
Adobe Indesign
·
CorelDraw
· GIMP
·
Inkscape
·
Adobe Freehand
·
Adobe image ready
·
Adobe Page Maker
·
Paint Tool SAI
2. Webdesign
·
Adobe Dreamweaver
·
Microsoft Frontpage
·
Notepad
·
Adobe Photoshop
3. Audiovisual
·
Adobe After Effect
·
Adobe Premier
·
Final Cut
· Adobe Flash, atau sebelumnya
Macromedia Flash
·
Ulead Video Studio
·
Magic Movie Edit Pro
·
Power Director
4. Rendering 3 Dimensi
·
3D StudioMax
·
Maya
·
AutoCad
·
Google SketchUp
·
Light Wave
·
Blender
·
Softimage
Kesimpulan:
Pada tugas ini dapat disimpulkan, bahwa desain pemodelan
grafik sangat dibutuhkan untuk proses editing dan juga proses mendesain. Supaya
hasil desain yang dihasilkkan dapat jadi semakimal mungkin baiknya. Untuk itu
dibutuhkan berbagai macam software untuk mendukung hasil yang terbaik dalam
membuat desain yang rampung dan terpadu.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar